Blog aku yang satunya lagi

Thursday, June 26, 2008

iihh.. sereeemmmm

Misteri Geby & Tinggal Kenangan

Jakarta - Jauh kau pergi meninggalkan diriku...
Di sini aku merindukan dirimu..

Tanyalah pada anak muda, dia akan langsung menebak lagu itu:
penyanyinya Geby, judulnya Tinggal Kenangan.
Misteri Geby Versi Bali
Pacar Tewas, Geby Bunuh Diri
Gede Suardana - detikcom


Denpasar - Bukan perkara sulit mencari Geby di internet. Cukup googling, ribuan content tentang Geby dan lagu Tinggal Kenangan akan keluar beramai-ramai. Jangan khawatir kalau Anda dilanda kebingungan setelah membacanya. Apa pasal? Habis, kisahnya macam-macam. Si A bilang Z, si B bilang X, dsb. Tidak ada versi yang seragam.

Hingga kini, siapa Geby, siapa pacarnya dan siapa pencipta lagu Tinggal Kenangan, masih belum jelas. Namun misteri itu justru menjadi daya tarik tersendiri lagu yang belakangan ini beken di Jakarta tersebut.

Tiap kota memiliki versi tersendiri tentang Geby. Ada yang bilang Geby orang Jakarta Selatan. Ada yang bilang orang Bali. Ada yang bilang orang Madiun. Ada yang bilang orang Yogya. Tampaknya, kisah ini berkembang liar sehingga sah-sah sajalah memberi versi sendiri.

Sekarang marilah kita telusuri Geby versi Bali. Kontroversi lagu Tinggal Kenangan yang lebih dikenal 'Lagu STMIK' terjadi sejak pertengahan 2007.

Dari penelurusan detikcom di penyiar radio, kalangan ABG dan anak band di Denpasar, lagu STMIK ini memiliki beberapa kisah berbeda tetapi memiliki benang merah yang sama. Persamaannya adalah Geby dan kekasihnya adalah sepasang kekasih yang berasal dari Bali. Namun identitas sepasang kekasih ini tak jelas.

Penyiar radio CDBS Ferdy menuturkan meskipun kerap memutar lagu ini, ia tidak mengetahui siapa penciptanya. "Sampai sekarang kita tidak tahu penciptanya. Yang kita tahu bahwa lagu ini diciptakan oleh perempuan yang mati bunuh diri," kata Ferdy.

Agung, seorang mahasiswi STMIK Bandung yang beralamat di Jalan Tukad Unda, Denpasar, menuturkan bahwa lagu STMIK telah ngetop di kalangan ABG dan anak band pada akhir 2007. "Saya tahu lagu ini sejak duduk di semester 5, akhir 2007," kata Agung.

Karena lagu ini dikenal dengan nama 'lagu STMIK', Agung yang kuliah sambil bekerja di STMIK, sering diminta oleh teman-temannya untuk memberikan rekaman 'Lagu STMIK'.

Agung yang juga mahasiswi SMTIK Bandung, Denpasar, menuturkan bahwa lagu STMIK di Bali memiliki beberapa versi. "Kadang saya juga bingung mau menceritakan versi yang mana kepada teman-teman," ujar Agung.

Menurut salah satu versi yang diketahuinya, kekasih Geby yang menciptakan lagu berjudul 'Lagu SMTIK' dengan syairnya yang sangat menyentuh ini.

Diceritakan, pacar Geby meninggal karena kecelakaan. Kecelakaan ini terjadi di suatu tempat di Bali hingga menyebabkan kekasih Geby meninggal dunia. Beberapa hari kemudian, Geby kerasukan arwah pacarnya. Saat kerasukan arwah pacarnya itulah tiba-tiba Geby bisa bermain gitar dan menyanyikan lagu itu. Setelah menyanyikan lagu itu, Geby bunuh diri. "Padahal sebelumnya Geby tidak bisa bermain gitar dan menyanyi," kata Agung.

Sedangkan versi lainnya adalah, Geby dan kekasihnya adalah anak band yang semua personelnya remaja Bali. Sepasang kekasih ini memiliki band berbeda. Kekasih Geby meninggal dunia karena kecelakaan sepeda motor. Geby sedih ditinggal pacarnya meninggal dunia. Geby pun menyanyikan dan merekam lagu tersebut. "Di versi ini, disebutkan Geby masih hidup. Geby adalah seorang siswi di sebuah SMU di Kabupaten Tabanan," ujar Agung.

Versi berbeda lainnya disampaikan oleh penyiar Radio CDBS Ferdy. Ia menyebutkan 'Lagu STMIK' diciptakan oleh Geby. Ceritanya, kekasih Geby meninggal dunia akibat kecelakaan. Karena sedih ditinggal kekasihnya, Geby yang tidak memiliki bakat musik ini mencoba membuat lagu untuk kekasihnya. "Dia bela-belain membuat lagu ini. Setelah menciptakan lagu ini dan menyanyikannya, Geby bunuh diri," kata Ferdy.

Versi lainnya menyebutkan bahwa kekasih Geby bunuh diri karena frustasi setelah mengetahui Geby selingkuh. Sedih ditinggal selamanya oleh sang kekasih, Geby bunuh diri setelah menyanyikan lagu ciptaan kekasihnya tersebut. "Tapi sampai sekarang tidak ada kabar jelas mengenai lagu ini," ujar Ferdy.

Ingin berdiskusi tentang Geby? Silakan tumpahkan di detikForum
Misteri Lagu Geby
Radio Banjir Request Lagu Geby
Waskito Andiyono - detikcom

Madiun - Ini adalah versi lain lagu Geby berjudul Tinggal Kenangan. Konon, Geby adalah siswa SMA yang berasal dari Madiun. Alhasil, radio di kota itu pun banjir request untuk memutar lagu Gaby

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs