Blog aku yang satunya lagi

Thursday, December 4, 2008

Hanya sekedar bercerita "tentang pekerjaan"

Catatan Hari ini(kamis,4 Desember 2008)

Aku berjumpa dengan seorang kawan di acara Perhumas Batam yang diadakan di Planet Holiday Hotel, setelah ngobrol ngalor ngidur beberapa saat, secara spontan sang kawan bertanya dan berkomentar tentang isi blog aku ini..

Komentarnya lebih kurang begini :
Dewi, blognya bagus ya.. Tapi isinya jangan ikut ikutan bercerita tentang hal pribadilah, alangkah bagusnya kalau blog kamu diisi dengan trik sukses menjadi seorang marketing, karena dewi kan seorang marketing sukses jadi kami juga ingin dibagi ilmunya ( ini menurut dia lho, Tentang ukuran sukses, akan aku posting berikutnya )

Mendapati pertanyaan semacam ini, aku jadi gelagapan menjawabnya, berhubung karena waktu dan tempatnya tidak tepat , jadi sembari bercanda aku hanya menjawab sekenanya.
" Janganlah mas, nanti kalau semua jago dan dan pintar marketing, semakin
sempitlah lahan aku, karena saingan semakin banyak..hehehe ".

Sepanjang perjalanan pulang ke kantor, pertanyaan ini masih menggelitik di fikiran aku, sebenarnya aku ingin menjawab secara panjang lebar,tetapi karena waktunya terbatas jadi aku tidak bisa menjelaskan lebih detail ,jadilah aku tertarik untuk menjawab melalui tulisan di Blog ini, mudah mudahan kawan itu membaca dan bisa menjawab semua pertanyaan dia, dan mungkin saja juga merpakan pertanyaan dari rekan rekan yang selama ini setia mengunjungi blog aku ini ( ceileeee.. geeeerrrrr )

Untuk sang kawan, Pertama tama dan utama sekali aku ingin menyampaikan, Thanks ya udah setia mengunjungi blog aku ini, padahal aku nggak nyangka loooo...

Berhubung karena ceritanya lumayan panjang, jadi aku akan membagi menjadi beberapa tulisan, begini cerinya.

Awal mula tertarik ngeblog
Dasarnya aku ini tidak suka menulis, karena aku lebih suka berbicara dari pada menulis . Dulu sesekali pernah mencoba untuk membuat tulisan , tetapi itupun karena terpaksa ( tuntutan pekerjaan ) alhasil aku merasa bahwa menulis itu sangat sulit dan aku tidak berbakat disini.

Awal mula aku tertarik dengan dunia blog ini adalah ketika aku membaca satu artikel di Majalah Femina ( aku lupa edisinya ) tentang dunia blogger, disitu dikupas habis tentang dunia blog. Salah satu hal yang menarik perhatian aku adalah di blog kita bebas mengungkapkan segala fikiran dan uneg uneg yang ada, jadi semacam diary gitu..

Setelah membaca artikel tersebut aku menjadi sangat tertarik untuk mencoba,dasarnya aku ini memang rada gaptek, jadilah aku hunting mencari dan bertanya kesana kemari.
Ternyata dunia blog ini sudah ada sejak lama dilingkungan kantor aku.. dan membuatnya sangat mudah, kita tidak perlu mengurus izin kesana kemari, dan gratis pula. Atas bantuan dari dua sahabat yang baik hati dan tidak sombong ( Xocu dan Rambe ) akhirnya jadi juga blog ku ini.

Tentang isi blog.

Berhubung karena niat awalnya hanya iseng dan tidak ada motifasi apa apa, maka blog ini aku isi suka suka. syaratnya.. Boleh dibaca tetapi tidak boleh komplain, kalau sekedar memberi saran sih dengan senang hati aku akan menerima ..( Wellcomers u )

Awalnya aku masih bingung, blog ini mau diisi tentang apa ya.. Walaupun aku ini bekerja di Bidang marketing periklanan, tetapi aku merasa bahwa aku ini bukanlah "Ahli Marketing " . aku tidak punya trik dan ilmu khusus .
Yang aku punya hanyalah " ilmu Kudu" ( kudu berhasil kudu nggak ).
Akhirnya, karena masih bingung mau ngisi apa, dan pada saat itu aku lagi senang senangnya mempunyai seorang anak perempuan dan bercerita tentang dia, alhasil ide yang ada dibenakku hanyalah ingin menceritakan dan menulis tentang dia, sesekali tentang topik yang memang sedang aku cari, maka jadilah isi blog ini "campur Sari " alias "Campur Campur".

Tentang Marketing

Dulu,aku tidak pernah bercita cita ingin menjadi seorang marketing, maka dari itu, ketika kuliah aku tidak memilih "Jurusan Marketing " minatku pada saat itu hanyalah ingin mempelajari berbagai bahasa Asing dan Ingin bekerja di Bank, sehingga aku memilih kuliah di Jurusan Bahasa dan menempuh pendidikan Perbankan.
Aku belajar sedikit tentang Perbankan Di Saint Mary (Santa Maria House, ownernya salah seorang aktor terkenal jadul, Bpk. Nickyjullu).
Di Lembaga Pendidikan yang terletak di Bundaran Harmoni/daerah kota ini sangat terkenal dengan Akademi Sekretarisnya ( selain Tarakanita tentunya), di Lembaga ini terbukti sukses dan dipercaya mencetak sekretaris handal dan siap pakai, terbukti setiap kali ada perusahaan yang mebutuhkan karyawan mereka langsung memesan ke kampus seraya menempelkan pengumuman penerimaan karyawan disana.
Berhubung karena aku merasa nggak berbakat jadi sekretaris ( kecuali sekretaris pribadi kali ya..hehehe ) maka aku memilih jurusan Perbankan, dan kampusnya berada di daerah Salemba ( Depan UI)
Waktu itu dengan harapan aku bisa bekerja dan berkarir di Bank asing ..hahaha ( mimpi kali yeee.. )
Kedepan aku berharap bisa temu alumni, sehingga kita bisa membuat suatu Ikatan Alumni Saint Mary Batam.. dan kalau disingkat menjadi IKA-StM - Batam... Hehe..lucu juga...
atau Ada ide lain ?

Btw, yuuk mariii... Kembali ke Topik Marketing.. Entah karena jodoh atau memang berbakat disini, alhasil saat ini dunia yang aku geluti adalah dunia marketing, khususnya periklanan. Bergelut dibidang ini penuh tantangan, secara pribadi kita harus kuat dan keras ( dasarnya aku ini memang keras kepala..hohoho )nggak mudah menyerah, karena dunia ini sangat menggiurkan dan bertabur uang, jadilah dunia ini sangat penuh dengan persaingan, baik secara sehat maupun tidak sehat, satu dan lain saling menjegal,awalnya aku merasa Jiper juga bersaing dengan para lelaki, tetapi karena dasarnya aku ini keras dan sudah pernah mencoba beberapa pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda beda, maka aku mencoba untuk tetap enjoy menjalaninya.

Dulu sewaktu masih di Jakarta, aku pernah merasa Jenuh dan bosan dengan pekerjaan marketing ini, aku ingin mencoba bekerja di back office, alhasil ketika didinding kampus tempat aku kuliah dulu ada pengumuman penerimaan Karyawan untuk bekerja di salah satu Bank Swasta sebagai Costumer Service dengan penuh keyakinan aku memasukkan surat lamaran kesana. Alhasil setelah melewati beberapa tes yang cukup sulit, aku berhasil memperoleh pekerjaan itu.

Sampai tibalah saatnya untuk tes wawancara dengan user /bos divisi yang aku tuju, alangkah kagetnya aku ternyata aku ditempatkan di bagian Costumer Service Representative, artinya pekerjaan aku tetap didunia marketing, tugas utamanya adalah mencari nasabah yang akan membuka rekening baik secara pribadi maupun Payroll /Tranfer gaji karyawan melalui Bank.

Kadung sudah mengundurkan diri dari perusahaan lama, terpaksa aku menerima juga tawaran ini. dan aku tetap berusaha untuk menjalankan pekerjaan ini dengan sebaik baiknya.
Sasaran aku pada saat itu adalah perusahaan besar yang mempunyai ribuan karyawan salah satunya adalah Astra Motor di daerah Sunter, yang terdiri dari astra 1, 2, 3 dst.., dan disana aku berhasil memperoleh ratusan nasabah, baik nasabah tabungan, deposito Etc..sehingga aku memperoleh bonus yang cukup lumayan.
Program menarik yang aku tawarkan pada saat itu adalah dengan membuka Deposito sebesar Rp. 1 juta akan mendapatkan hadiah langsung berupa 1 unti HandPhone, pada saat itu handphone masih langka dan merupakan barang mewah )
Syaratnya adalah deposito tidak boleh diambil selama jangka waktu tertentu, (kalau nggak salah selama 1 tahun..)

Salah satu kunci sukses aku mendapatkan banyak nasabah disana adalah karena aku "Wanita". secara di Pabrik Mobil Astra yang meproduksi segala jenis mobil merk Toyota ini karyawannya didominasi oleh laki laki,sehingga ketika ada Wanita yang datang ke sarang mereka maka tanpa diminta mereka akan datang berduyun duyun menghampiri. kadang karena gengsi, mau nggak mau mereka akhirnya buka tabungan juga..hehehe. And many more pengalaman lainnya.

Terakhir, di tahun 1998 itu krisis moneter melanda indonesia secara besar besar ditambah lagi dengan kerusuhan dan pembakaran disejumlah tempat, maka Jakarta menjadi tidak aman.
Pada saat itu Bank tempat aku bekerja terkena imbas Krisis moneter, sehinggan terpaksa melakukan pengurangan karyawan secara besar besaran, padahal pada saat itu aku sangat enjoy bekerja disana.

Bersambung yaaaa.......

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs