Blog aku yang satunya lagi

Sunday, May 4, 2008

Tips Sukses...

HOW TO BE A GOOD "PIMPINAN "
Menapaki karier memang tak selamanya mulus, ada saja kerikil bahkan batu besar yang menghadang, begitu juga hubungan antara atasan dan bawahan memang rentan konflik. Hubungan yang baik sepatutnya senantiasa dibina agar tidak berdampak negatif terhadap kinerja masing masing pihak dan juga kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Perlu strategi dan kemauan untuk membuka wawasan untuk menemukan cara yang tepat menghadapi semua kendala.

Diambil dari beberapa sumber, kutipannya :
1. Adaptasi, Artinya, anda melakukan perubahan,tetapi dengan memerhatikan potensi yang
dimiliki anak buah anda.

2. Ciptakan bawahan yang antusias mengikuti anda antara lain dg memperlakukan mereka dengan hormat,membimbing,memberi kesempatan berkembang, dan bersikap fleksibel terhadap kesalahan

3. Kontrol setiap langkah
Untuk mewujudkan ambisi, tapi tidak secara berlebihan (apalagi menekan ), karena bisa mematikan inisiatif bawahan anda
4. EGO
Sebagai pemimpin anda tetap punya sisi gelap.Ada keinginan kuat dibawah sadar untuk memaksa orang lain mendukung ambisis anda,dan ketika ambisis mendekati tujuannya,ada ego anda untuk menampilkan keberhasilan itu berkat kerja keras anda, bukan tim.. Hati hati,ego seperti ini bisa menyakitkan hati,dan kelak berakibat anda tidak akan mendapat dukungan lagi.
5. IQ ( Intelligence quottient ) & EQ (Emotional quotient ) PENTING
Untuk kepemimpinan,yang terpenting adalah inteligensi memimpin,yakni kemampuan memahami karakteristik bawahan dan mendorong mereka maju Miliki Standar
Operasional,lalu delegasikan tugas kepada bawahan
6. Kedermawanan Jika anda mengharapkan dukungan dan loyalitas bawahan, perjuangkan pula hak hak mereka,
7. Discipline without punishment Hukuman terbukti bukan merupakan cara efektif menghadapi bawahan yang bermasalah. Seringkali hukuman justru membuat bawahan marah, sakit hati dan menunjukkan sikap antipati.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs