Blog aku yang satunya lagi

Thursday, August 28, 2008

Strategy Menjual Iklan

" Strategy Menjual iklan Classified Column"
Wan Abas
Manajer Iklan
PT Pikiran Rakyat Bandung

Base: Populasi yang membaca koran 1 minggu terakhir di Bandung = 1.050
Mengetahui berita baru

Menambah wawasan

Melihat iklan

Untuk keperluan bisnis

Lowongan kerja

Ada berita tentang ekonomi

Ingin mengetahui kisah nyata

Ada berita kriminalnya

Untuk keperluan studi/kuliah

Ada berita tentang hal-hal ghaib

Ada berita olah raganya lengkap

Menambah pengetahuan tentang pendidikan

Ada quisnya

Ada berita tentang gosip artis

Ad Support
Redaksi/Produksi

Karakteristik Pengiklan lokal:


(Peranan AE mengedukasi klien)

Mejual—instant/Hard Selling berkembang Lebih Kreatif (pedagang elektronik ABC Club)

Baris /Kolom berkembang ke Display

Strategy Pemasaran

Market Development:
Sasaran ---- Meraih pasar yang belum/langka beriklan (komunitas pedagang, distro) --- untuk hari-hari sepi iklan

Product Development: Mengembangkan kreasi iklan-lkan baru.


Sasaran – Pengiklan yang memiliki anggaran terbatas, mengimbangi situasi pasar.


Customer Relation: Menjalin hubungan komunikasi dengan pengiklan. (Gathering dengan komunitas pengiklan, kunjungan AE, merespons komplain secara cepat)

Front Liner
AE – Ujung Tombak: Personal Selling & Customer Relationship

AE – Skill /Wawasan Jurnalistik

Product Development:
Mengembangkan Kreasi kreasi iklan iklan baru dengan target mengimbangi kompetitor:
  1. 1. Rubrik Property (kolom-Display Split)
  1. 2. Iklan momentum (kolom-Display Split,Advertorial ) Recovery Perusahaan ,Pemda, Swasta,BUMN
  1. 3. Mengembangkan Pariwara singkat menjadi rubrik rubrik khusus
4.Iklan Komunitas suatu Produk

Jenis iklan Non-Regular


Menata Perwajahan rubrik iklan
Menertibkan materi iklan – mengacu pada etika periklanan Indonesia (Iklan Pengobatan, Panti Pijat)
Warning kepada pembaca/pengiklan: Penipuan akibat iklan

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs