Blog aku yang satunya lagi

Thursday, August 28, 2008

Bahan Workshop SPS 2007




Kiat Mengembangkan Pasar Suratkabar

Oleh:
Sugeng Hari Santosa


  • BACKGROUND
Perubahan yang cepat berkembang, Teknologi, Alat pengambilan gambar dan berita,
Tape recorder, Handycam, Kamera digital, dll.
Alat pengolahan gambar dan berita, Software aplikasi, Print technology, Alat pengirim dan penyajian gambar dan berita, Telephone, Facsimile, Infrared, Bluetooth, SMS, Internet, dll, media cetak cenderung “terlambat” dalam penyajian. Sosial dan Budaya (Transparan, Modern, Disparitas) → media cetak harus independen, menjadi penyeimbang Politik dan Hukum (Kompleks, Demokratis)
→ SIUP tidak diperlukan, “semua orang bisa buat koran”
Berita sudah menjadi barang komoditi

Pasar (Terbuka)
→ persaingan tidak dapat dihindari

  • Persaingan yang makin ketat
Muncul banyak “pemain” baru dengan segala motif dan tujuan masing-masing, Persaingan meluas ke multi-media, Pelanggan yang makin “demanding”, Kritis dan selalu ingin, didengar, Cenderung “value for money”, Cenderung tidak loyal.

KARAKTERISTIK MEDIA CETAK CONSUMER GOOD
DISTRIBUSI DILEVERY DILAKUKAN TIAP HARI (PK 12.30 -06.00) DAN HARUS SECEPAT MUNGKIN SAMPAI ALAMAT PE-LANGGAN
WAKTU USAHA SALURAN DISTRIBUSI DIMULAI PK 04.00 (SESUAI DATANG SK PAGI)
SATU KK MEMBELI SATU MEREK MEDIA CETAK.
TIDAK DIMUNGKINKAN ADANYA STOK PRODUK. DILEVERY DAPAT DILA-KUKAN TIDAK SETIAP HARI DAN RELATIF DAPAT LEBIH LAMBAT
PADA UMUMNYA WAKTU USAHA DIMULAI PK 08.00 - 09.00
SATU KK MEMUNGKINKAN MEMBELI LEBIH DARI 1 UNIT UNTUK 1 MEREK PRODUK
DIMUNGKINKAN ADANYA STOK PRODUK

  • Perusahaan
Perusahaan harus berubah (efisien),Pendapatan sirkulasi tidak dapat diandalkan
Jalur distribusi, Agen cenderung lebih banyak menuntut karena pendapatannya sulit berkembang, Si “fanatik” menjadi makin fanatik, dan sebaliknya,“Tidak punya waktu untuk membaca” Membaca cepat: melihat sekilas, tidak membaca secara detail.

  • WHATS NEXT ?

Tactically
  • 1. Pasar Eceran (Single Copy)
Kembangkan produk yang dapat menjual dirinya sendiri (karena waktu untuk menawarkan produk sangat sempit)  Pemilihan headline dan “angle” berita; Penempatan layout yang baik. Identifikasi titik-titik yang tepat untuk menjual eceran, fokuskan upaya pengembangan pada titik-titik tersebut
Pastikan jam edar koran tidak melewati waktu “psikologis” untuk membaca

  • 2. Pasar Langganan (Subscription)Kembangkan produk yang dapat “multi-usage” ,Berita terkini, Feature yang beragam, mengikuti trend, menghibur,Membidik kebutuhan seluruh anggota keluarga,Kembangkan produk dengan kualitas kertas dan cetak yang baik pada biaya yang semakin efisien,“Kenikmatan” membaca,Munculnya beragam supllier dan bahan baku. Fokus pencarian pelanggan pada kawasan-kawasan Perumahan atau Pemukiman, Munculnya banyak kawasan perumahan baru (potential market),Punya daya beli,Keberhasilan program bisa diukur dan dievaluasi, Kelola interaksi dengan pelanggan (CRM)

  • Pelanggan ingin “disapa”
Database barang yang “mahal”, Data dari INMA menyebutkan selama 75 tahun perusahaan Suratkabar hanya mendanai aktivitas marketingnya sebesar 1,5% dari revenue-nya. Itupun pada alokasi yang salah, yaitu di produknya.
Kaji ulang “value propositions” surat kabar dengan nilai-nilai yang berkembang saat ini

  • Pembaca:
Mencari produk yang sesuai (customization) di saat yang tepat (timely)
Ingin tahu yang terbaru (ongoing conversation)
Dasar membentuk komunitas berubah dari yang sifatnya geographical menjadi kesamaan interest Konsumsi lebih banyak media dengan waktu yang lebih sedikit.

Kaji ulang “value propositions” surat kabar dengan nilai-nilai yang berkembang saat ini:

  • Pengiklan:
Ingin dilihat oleh sebanyak mungkin “mata” yang sesuai dengan targetnya (more creative, more complex, etc.)Respon tinggi

  • CONCLUSION
Perubahan tidak dapat dihindari, kemampuan bersaing menjadi kata kunci untuk tetap di arena

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs